Jumat, 14 Januari 2011

MEMBANGUN SUMBA BARAT LEWAT PERUBAHAN POLA PIKIR DAN TINDAKAN

Sumba barat  memiliki potensi pertanian yang baik dan di dukung oleh rasa kekeluargaan yang tinggi,  merupakan modal awal bagi sumba barat untuk berkembang. Untuk membangun sumba barat ke depan bukan hanya bangunan fisiknya yang dibangun, tetapi harus dibarengi dengan perubahan pola pikir masyarakat lewat pendidikan formal maupun informal.

Kalau masyarakatnya memiliki pendidikan yang baik minimal berijasah menengah atas, maka di harapkan pemerintah sumba barat untuk peduli dengan keberadaan mereka. Kepedulian pemerintah lewat pelatihan keterampilan untuk berwiraswasta,  dan pemberian modal untuk berusaha, dapat membantu untuk menekan angka pengangguran musiman. Rata-rata orang sumba hidupnya bergantung pada sektor pertanian, oleh karenanya tidak ada alasan untuk kekurangan pangan. Tetapi kenyataan di lapangan tidak demikian, hal ini di sebabkan budaya sumba barat yang doyan pesta, dan minimnya pengetahuan tentang bercocok tanam.

Dengan kondisi seperti ini, pemerintah harus bersikap dan melakukan terobosan baru. Untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada di sumba barat baik sma, smk dsb. Apabila terdapat sekolah yang tidak bermutu dinas pendidikan harus tegas untuk menutup sekolah tersebut tanpa harus kompromi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar